oleh

Saksi Demokrat Disuntik Pemahaman Tentang Politik Sebelum Terima Pembekalan

Banyuwangi Oposisi.co.id

DPC Partai Demokrat Banyuwangi dalam hal ini Ketua DPC nya Michael Edy Hariyanto, SH untuk kesekian kalinya undang para Saksi. Dan kali ini giliran Saksi Dapil II (dua) khususnya wilayah Desa Bomo dan Desa Watukebo Blimbingsari Banyuwangi.

Sabtu 12/1/2019 ( malam Minggu ) seratus orang lebih para Saksi Demokrat dari kedua Desa menerima pembekalan. Namun sebelum diberi pembekalan terlebih dahulu para Saksi diberi pendidikan dan pemahaman tentang politik oleh Michael Ketua DPC Demokrat. Mendampingi Ketua DPC dalam acara pembekalan Saksi H. Samsul Bahara Caleg DPR RI No. 4 yang juga salah satu pejabat tinggi Partai Demokrat di Pusat.

Michael sebelum jauh memberikan pendidikan politik, terlebih dahulu lempar pertanyaan kepada beberapa Saksi. Beberapa dari mereka ditanya kenapa mau jadi Saksi untuk Partai Demokrat, apa karena uang atau karena dijanjikan sesuatu oleh Pengurus Partai. Terlontar jawaban dari mereka yang jawabannya rata – rata sama yaitu karena ingin ada perubahan melalui Partai Demokrat ke depan. Memang ada yang kurang nyambung jawabannya karena tidak memahami apa itu politik.

” Memahami politik itu penting, bapak ibu sekalian harus tahu bahwa politik itu adalah alat, politik itu kendaraan bagi politisi bagaimana bisa membuat rakyat lebih sejahtera, “ jelas Michael kepada para Saksi yang hadir.

Dalam penyampaiannya kepada para Saksi Michael mengatakan jangan jadi Saksi hanya karena ikut – ikutan atau karena ada iming – iming. Tapi jadilah Saksi yang karena didasari memahami apa itu Politik dan arah Partai atau Caleg yang didukungnya. Secara panjang lebar Michael paparkan bagaimana politik, bagaimana tugas DPR, apa akibat dari main – main politik karena tidak mengerti tentang politik. Salah satunya dicontohkan kenapa banyak Bupati, Wali Kota, dan Anggota DPR tertangkap oleh KPK karena kasus korupsi. Tak lain kata Michael, bahwa itu karena masyarakat atau rakyat tidak faham tentang politik percaya begitu saja dan asal pilih. Setelah itu yang dipilin jadi tidak pernah kembali, kalau ada butuhnya baru menemui masyarakat.

” Saya minta tolong sampaikan kepada masyarakat kalau ingin berubah ke depan jangan main – main dengan politik. Katakan gak apa – apa tidak memilih saya Michael, silahkan pilih Caleg lain asal selidiki dulu siapa dia cari yang baik orangnya. Semua Partai politk itu baik, orangnya saja ada tidak baik. Tetapi kalau tidak ada yang baik dan mau percaya kepada saya Demokrat, mari bersama saya dan Demokrat berjuang lakukan perubahan. Demokrat punya program yang jelas yaitu mengentas kemiskinan dan menggerakkan ekonomi rakyat, “ ujarnya.

Usai menerima pendidikan politik, para Saksi lanjut mendapatkan pembekalan tentang tugas – tugas apa yang harus dilakukan sebagai Saksi di Tempat Pemungutan Suara ( TPS ). Karena Partai Demokrat Banyuwangi siapkan per TPS dua orang Saksi yaitu Saksi luar dan Saksi dalam TPS. Maka pembekalannya pun disesuaikan dengan tugasnya masing – masing. Selain itu kepada para Saksi juga dilakukan pelatihan tata cara mencoblos surat suara yang tepat dan benar dan administrasi. (rdy35/eta).

7Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed