oleh

SARASEHAN FORUM KESERASIAN SOSIAL DI BAITUS SHOLIHIN PONDOK PESANTREN GENGGONG

Probolinggo Oposisi,- (12/10/18)
Ir Agus Sholehhuddin ketua forum keserasian sosial Baitus Sholihin Temenggungan kecamatan Krejengan kabupaten Probolinggo menyampaikan bahwa sarasehan atau dialog telematik sebagai amanah lanjutan atas kedatangan menteri Sosial yang bulan kemarin di pondok pesantren Genggong Pajarakan.

Di hadiri oleh KH M Hasan Ainul Yaqin, KH M Hasan Zidni Ilman, Gandrik Gunawan bataud koramil Krenjengan, Drs Wahid Nurrahman wakil ketua DPRD kabupaten Probolinggo.

Pada hakekatnya keserasian sosial merupakan salah satu model pemberdayaan masyarakat yang dapat di optimalkan mencegah adanya konflik di tingkat hulu (akar rumput).

Keserasian sosial juga merupakan proses hubungan sosial dan interaksi sosial yang dinamis antar warga yang menjamin hidup berdampingan secara damai berdasarkan persamaan hak, kewajiban dan tanggung jawab yang di landasi oleh kebersamaan, persaudaraan sejati dan kesetiakawanan.

Prinsip dalam keserasian sosial di antaranya adalah efektif, efesien, transparan, akuntabel dan partisipatif.

Keserasian sosial juga bermakna berkaitan dengan proses mewujudkan kehidupan dan penghidupan sosial yang harmonis antar warga. Dan bermakna pula serangkaian kegiatan yang di arahkan untuk mewujudkan tujuan terpeliharanya perdamaian secara berkelanjutan di lingkungan masyarakat.

Nilai-nilai yang mendukung keserasian sosial adalah pertama ; mengandalkan kekuatan lokal, prakarsa dari bawah tumbuh berkembang dari proses inisiasi masyarakat lokal.

Kedua, mengoptimalkam sumber daya lokal. Ketiga, memperkuat kepemimpinan lokal. Ke empat, memperkuat kepranataan lokal sebagai wadah pertukaran komunikasi informasi edukasi persuasi antar warga yang berbeda sekaligus sebagai agen keserasian sosial di tingkat hulu.

Kelima, mengoptimalkan proses dan mekanisme lokal. Keenam, mengandalkan ketrampilan lokal sebagai sebagai tekhnologi pencegahan konflik lokal. (agg).

4Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed