oleh

Satpol PP Kab. Probolinggo Undang Lsm, Sosilisasi & Evaluasi Terkait Galian C

-Daerah-197 views

Beritaoposisi.co.id. (Probolinggo)

Sosialisasi dan Evaluasi pertambangan galian-C satpol PP kabupaten Probolinggo hadirkan LSM se-kab.probolinggo yang terdaftar di Bakesbangpol Probolinggo.12/09/2019

Maraknya pertambangan Galian-C di kabupaten Probolinggo Pemerintah Jawa Timur Melalui Kasatpol PP jatim “BUDI SANTOSA” bersama Staf ESDM JATIM “DIAN” didampingi oleh Polres Probolinggo melalui Bripka Sapta, Sosialisasikan Mekanisme pengurusan Izin pertambangan Galian-C, serta UU pertambangan dan Sanksi pelanggarannya,Absen Kepala satuan Polisi Pamong Praja Kab.Probolinggo.

Menurut Staf ESDM Provinsi Jawa Timur “DIAN” pertambangan di kabupaten Probolinggo ada sepuluh (10) yang terdaftar namun dua (2) diantaranya masa berlaku Izinnya sudah berakhir.”tandasnya”

Di Sela kegiatan berlangsung dengan tanya jawab antara LSM dengan KASAT POL PP Provinsi Jawa Timur ( Budi Santosa) Staf ESDM (Dian) dan POLRES Probolinggo melalui Bripka Sapta mengenai Seputar Informasi Pertambangan Yang ada di wilayah kabupaten Probolinggo.

Menariknya di akhir tanya Jawab salah satu LSM sempat menyampaikan keluh kesahnya di Hadapan Ketiga (3) petugas tersebut, sebut saja Samsi Ketua LSM GRIB (Gerakan Indonesia Baru) itu mengatakan, bahwasannya Di wilayah tegalsiwalan ada pertambangan yang hanya berjarak 5 Meter dari jalan, dengan kedalaman mencapai kurang lebih 15 Meter, “tandasanya”

Lengkapnya, Samsi mengatakan, pihaknya sudah berkali kali Menyurat pada Satuan Polisi Pamong Praja Kab.Probolinggo bahkan dirinya seringkali mengirimkan gambar/Foto terkait aktivitas penembangan tersebut pada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja kab.probolinggo (Dwi Joko Nurjayadi) Namun menurut samsi Kasat Pol PP hanya berjanji saja tanpa ada kejelasan.”tandasnya

Ironisnya, dalam menyikapi hal ini satuan polisi pamong praja Kabupaten Probolinggo diduga saling lempar tanggung jawab dengan Polres Kabupaten Probolinggo begitupun juga sebaliknya menurut keterangan Samsi sebagaimana dalam bahasanya Kasatpol PP mengatakan itu bukan urusan satpol PP tapi urusan Polres begitupun sebaliknya.”imbuh Samsi.

Pernyataan yang hampir sama terkait keprofesionalan Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Probolinggo juga dikeluhkan oleh ketua LSM AMPP (Aliansi Masyarakat Peduli Probolinggo) Lutvi.

Menanggapi hal tersebut Kasatpol PP Provinsi Jawa Timur (Budi Santosa), menginstruksikan agar sekiranya untuk melakukan (DUMAS) Pengaduan Masyarakat secara Resmi. Budi Santosa Pria yang sudah Menyandang dua (2) Bintang kebesaran di bahunya itu juga mengatakan bahwa selekas dari acara tersebut akan turun untuk meninjau beberapa lokasi pertambangan.

Pantauan beritaoposisi.co.id di sejumlah wilayah di kabupaten Probolinggo memang banyak terdapat pertambangan yang diduga belum mengantongi Izin operasional, meski cara pengerjaannya di lakukan secara Manual/dengan tidak menggunakan tenaga mesin namun unsur kedalaman dari hasil pertambangan manual Tersebut juga tidak kalah dengan yang menggunakan Tenaga mesin. “Wnt”

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed