oleh

SDN 1 Singolatren Kirab Dalam Rangka Maulidun Nabi

Banyuwangi Oposisi.co.id

Para dewan guru SDN 1 Singolatren Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Sepertinya memberikan pendidikan kepada siswa – siswinya tentang bagaimana mencintai Nabi Muhammad Saw ( Rosulullah ).

Untuk itu Sabtu 1/12/2018 sekira pukul 08:00 Wib dewan guru SDN 1 Singolatren dan siswa – siswinya laksanakan ” Kirab “. Yang tak lain adalah memperingati atau merayakan peristiwa kelahiran Nabi Muhammad Saw yang jatuh pada bulan Robiul Awal. Atau yang lebih lazim dengan istilah sebutan bulan Maulid.

Menurut Kepala Sekolah SDN 1 Singolatren yang akrab dengan sapaan Pak Agus yang juga selaku Ketua Cabang PGRI itu. Bahwa hal tersebut dimaksutkan agar dalam diri siswa – siswi tumbuh rasa cinta kepada Nabinya yang kemudian karena itu siswa – siswi sejak dini. Sedikit demi sedikit bisa mengambil tauladan dan mencontoh prilaku Nabi Muhammad Saw dalam kesehariannya.

” Secara tidak langsung kami bersama dewan guru yang lain mendidik kepada siswa – siswi untuk tekun belajar, mengaji, dan ibadah sesuai kemampuannya. Dan dukungan orang tua sangat penting dalam hal ini, agar apa yang kemi berikan kepada anak – anak di sekolah tidak sia – sia, “ katanya di sela kesibukannya mengatur barisan Kirab.

Namun walau demikian Kepala Sekolah berharap kepada para orang tua wali siswa, kiranya sejalan dengan sekolah. Yaitu ketika anak – anak ada di rumah para orang tua wali siswa juga mengawasi prilaku anak – anaknya. Apakah itu waktu belajarnya, bermainnya, dan mengajinya di rumah. Karena waktu anak – anak lebih banyak ketimbang di sekolah, tambahnya.

Tak ketinggalan Kepala Desa Singolatren Apandi hadir memberi suport kepada siswa -siswi SDN 1 Singolatren. Terlihat dari wajah siswa – siswi begitu senang dengan kehadiran Kepala Desa Apandi dalam ” Kirab Endog – Endogan “ itu. Harapan yang sama disampaikan oleh Kepala Desa Apandi.

” Semoga anak – anak ini bisa mencontoh prilaku Nabi, sehingga ketika menginjak dewasa pun mereka akan gemar malakukan ibadah. Paling tidak terhindar dari pengaruh lingkungan dan pergaulan yang membahayakan seperti miras dan narkoba. Saya juga berharap anak – anak ini nanti jadi orang yang berguna bagi diri sendiri, orang tua, banhsa dan negara. Oleh karena itu soal mendidik anak, orang tua di rumah punya peran penting agar pendidikan yang diterima dari guru di sekolah bermanfaat, “ ungkapnya.

Kirab Endog – Endogan menjadi tampak meriah karena siswa – siswi selain membawa kembang hias yang berbuah butir telor ( endog ). Diramaikan juga dengan iringan instrumen seni hadrah yang dimainkan oleh siswa SDN 1 Singolatren itu sendiri. (rdy35).

1Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed