oleh

Sentra Kuliner Kota Banyuwangi Ready Dalam Pasar Induk

-Ekonomi-18 views

BANYUWANGI, Oposisi.co.id

Beberapa pedagang yang sebelumnya direlokasi di sepanjang bibir Jl. Susuit Tubun timur Mall Pelayanan Publik ( MPP ) Banyuwangi. Kini bernafas lega setelah menunggu kurang lebih 4 bulan lamanya bisa menempati tempat lamanya.

Sebanyak 23 Kios yang dibangun dengan anggaran dari Kementerian Perdagangan ( Kemendag ) RI itu. Didesine sedemikian rupa yang tampilannya kental dengan budaya Osing. Relief pintu model Kupu Tarung dengan motif biji kopi pecah dan batik Gajah Oling diyakinkan membuat betah pengunjung.

Moch. Safii selaku Kepala Pasar Induk Banyuwangi menuturkan bahwa bangunan 23 Kios masing -masing berukuran 5 m2 dengan ketinggian bangunan sampai 5-6 m. Kemudian ada teras selebar 3 m dan lantai depan kiosnpanjang 2,5 m.

” Dengan desain bangunan yang seperti ini, ventilasi udara nya terasa sejuk dan leluasa. Insya Alloh kios-kios dalam pasar ini kita dorong menjadi sentra kuliner yang nantinya buka sepanjang 24 jam. Dan di hari-hari tertentu, akan diisi dengan Musik Patrol berkolaborasi gending Banyuwangian,” tuturnya Selasa 27/11/18.

Salah satu pedagang yang biasa disapa dengan panggilan Bu Iin, mengaku bersyukur dengan kios barunya tersebut.

” Alhamdulillah, kondisinya lebih bagus dan lebih nyaman. Tidak lagi takut panas dan kehujanan. Lantainya juga sudah keramik bagus, semuanya gratis lagi Pak, ” ungkap Bu Iin dengan girangnya.

Moch. Safii selaku Kepala Pasar Induk Banyuwangi berharap agar para pedagang bisa merawat dan menjaga bangunan kios dengan tingkat kebersihannya.

“Dengan kondisi bangunan kios yang bersih serta kondisinya yang rapi, tentu diharapkan akan bisa menarik pengunjung untuk datang. Kedepan, kios-kios didalam Pasar Induk ini akan kita wujudkan menjadi sentra kuliner di tengah kota Banyuwangi,” pungkas Safii.(tim)

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed