oleh

ZIARAH KUBUR , TRADISI SEDEKAH BUMI WARGA DESA PURWOSARI

Pelaksanaan Sedekah Bumi di makam Bah Suro , cikal bakal pendiri desa Purwosari

Pasuruan Oposisi.CO.ID – Warga Kelurahan/Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan menggelar acara sedekah bumi, Sabtu 06/10/2018. Selamatan desa ini sebagai bentuk syukur warga kepada sang pencipta atas limpahan rejeki serta hasil pertanian sekaligus satukan rasa kebersamaan.

Acara diawali dengan melakukan ziarah oleh Tokoh Masyarakat dan Warga serta Pemuda setempat ke makam Mbah Suro yang diyakini warga sebagai sang pembabat alas Purwosari yang letaknya di tengah sawah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Lurah Purwosari Kristono Hadi, Muspika Purwosari, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Pemuda setempat.

Kristono Hadi, Lurah Purwosari dalam sambutanya mengungkapkan kebanggaan serta terimakasihnya. Yang mana dimasa milenial seperti sekarang upacara sedekah bumi masih tetap dilestarikan. Tradisi seperti ini tak boleh hilang dan harus berkelanjutan agar menjadi perekat serta pemersatu dan kerukunan warga.

Sementara Maman, Ketua Penggerak Pemuda saat dikonfirmasi beritaoposisi.co.id pihaknya mengucapkan terimakasih serta mengungkapkan rasa syukur kepada sang pencipta atas terselenggaranya acara sedekah bumi ini dan berharap di tahun berikutnya dapat lebih semarak.

“Selain sebagai rasa syukur kepada sang pencipta, sedekah bumi ini juga sebagai wujud pelestarian budaya agar tetap tidak punah. Karna kata mbah-mbah dulu sedekah bumi dapat menolak balak atau menjauhkan dari musibah. Karena sedekah bumi sama dengan memberi sodaqoh,” Ujar Maman.

Beberapa kalangan menganggap sedekah bumi atau selamatan desa merupakan budaya yang memiliki efek posittif. Pasalnya, selain bisa menjadi mempererat persaudaraan juga dapat menjadi daya tarik wisata. (Pi/Sol)

48Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed