oleh

Sindikat Pemalsuan SIM, Berhasil Diungkap Reskrim Polres Banyuwangi

-Hukrim-154 views

Banyuwangi Oposisi.co.id

Satreskrim Polres Banyuwangi berhasil mengungkap jaringan/sindikat pembuat Surat Ijin Mengemudi (SIM) Palsu. Dikabarkan terungkapnya jaringan kasus pemalsuan SIM tersebut. Bermula dari salah satu korban melakukan pengecekan SIM B1 Umum di Satpas Mapolres Banyuwangi untuk mengetahui keasliannya.

Sebagaimana disampaikan oleh Kasatreskrim Polres Banyuwangi, AKP. Panji P Wijaya kepada media. Bahwa terungkapnya jaringan pembuat SIM palsu tersebut dari kecurigaan Agus Hadi Purnomo merasa ada kejanggalan terhadap SIM B1 Umum miliknya. Kecurigaan Agus Hadi Purnomo terjawab, setelah dilakukan pengecekan di Satpas Polres Banyuwangi, dan ternyata SIM nya palsu.

“Saat itu, Agus Hadi Purnomo membawa dua SIM, yaitu SIM A dan SIM B1 umum untuk melakukan pengecekan keaslian SIM miliknya. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata SIM B1 Umumnya palsu, dan SIM A nya asli,” ungkap Kasat Reskrim, AKP. Panji.

Atas temuan informasi tersebut, lanjut AKP Panji, anggota Satpas melaporkan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT)

“Temuan ini, oleh petugas Satpas langsung dilaporkan ke SPKT Polres Banyuwangi, ” paparnya.

Setelah diperoleh kepastian temuan tersebut A 1, seketika itu Reskrim Polres Banyuwangi berbekal laporan dari petugas Satpas, bergerak ambil tindakan dan mengungkapnya. Yang akhirnya pria bernama Ponidi warga Dusun Sukorejo Rt.01 Rw. 02 Desa Sukomaju Kecamatan Srono Banyuwangi. Diamankan.

Tersangka Ponidi langsung kami amankan dirumahnya,” terangnya.

Saat dilakukan pengamanan kepada tersangka Ponidi petugas memperoleh keterangan kalau dirinya hanya suruhan dari Anwar alias Alex warga Dusun Krajan, Desa Setail, Kecamatan Genteng.

“Atas informasi dari Anwar tersebut, kami langsung bergerak dan mengamankan Anwar alias Alex di rumah di Desa Setail kecamatan Genteng,” lanjut AKP. Panji.

Ternyata, jaringan pemalsuan SIM tersebut tidak cukup sampai di Anwar (Alex). Karena setalah Anwar (Alex) diamankan. Dari Anwar ( Alex ) justru petugas peroleh keterangan yang mengatakan bahwa dirinya itu suruhan dari seseorang yang disebut namanya adalah Ponari warga Dusun Maron RT 05 RW. 01, Desa Genteng Kulon. Dan dari Ponari informasi terduga pelaku mengembang kepada yang bernama Witarto warga Dusun Krajan Rt. 06 Rw. 01 Desa Sragi Kecamatan Songgon.

“Usai mengamankan Ponari, anggota Reskrim langsung bergerak menuju Kecamatan Songgon, dan berhasil mengamankan Witarto si pembuat SIM palsu, ” pungkasnya.

Dari penangkapan jaringan pembuat SIM palsu tersebut, berhasil diamankan barang bukti berupa, 1 SIM B1 umum atas nama Agus Hadi Purnomo, 1 buah screen sablon ukuran 30 cm x 40 cm, dan 5 lembar transfer lattering merk glory bersama kertas lapisnya. Sementara keempat tersangka langsung digelandang dan jadi penghuni baru sel tahanan Polres Banyuwangi guna dilakukan proses hukum lebih lanjut. Dalam hal ini keempat tersangka terancam pasal 263 ayat (1) Jo pasal 55 ayat (1) ke 1e KUHP. (tim).

13Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed