oleh

Suasana Haru Pada Acara Pamit Kades Bangunsari Yang Purna Tugas

Banyuwangi Oposisi.co.id

Pendopo Desa Bangunsari dipadati kehadiran Tokoh Masyarakat dan seluruh unsur Pemerintahan Desa mulai dari RT, RW, Kadus, dan Staf Desa tentunya. Berkumpulnya mereka di Pendopo Desa diundang dalam rangka Sugio selaku Kepala Desa Bangunsari Kecamatan Songgon Banyuwangi. Berpamitan karena Per Tanggal 14 November 2018 tepatnya hari Kamis sudah purna tugas.

Hadir pula pada acara tersebut Bhabinkantibmas dan Babinsa Desa Bangunsari. Diawali dengan Kepala Desa Sugio menyampaikan sambutan sekaligus berpamitan. Kades Sugio melalui Tokoh masyarakat dan seluruh unsur Pemerintahan Desa yang hadir. Yang pertama menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga Desa Bangungsari. Yang telah memberikan kepercayaan pada dirinya memimpin dan dan menjalankan roda Pemerintahan Desa tuntas sesuai masa jabatannya. Permohonan maaf pun terlontar dari Kades Sugio baik atas nama pribadi, keluarga, dan kedinasan. Atas segala kekurangan dan kelemahannya selama menjalankan tugas jadi Kepala Desa.

Setelah terlontar kata permohonan maaf dari Kades Sugio, suasana mulai sedikit berubah suasana menjadi haru dan hening. Apalagi Sugio dalam sambutannya dengan rendah hati dan tulus mengakui bahwa kesuksesan atau capaian – capainnya bukan karena kehebatan dirinya. Justru Sugio memuji warganya, bahwa sukses dan keberhasilan yang dicapainya adalah berkat dukungan, kerja keras, dan ketulusan warga Bangunsari memberikan kepercayaan pada dirinya sebagai Kepala Desa.

Diakhir penyampaiannya Sugio dengan tulus juga mohon doa restu dan dukungan dari warganya. Karena dirinya merencanakan akan turut meramaikan proses demokrasi pada Pilkades berikutnya. Karena penyampaian itu tepuk tangan hadirin ramai memenuhi Pendopo Desa, seakan mengamini dan berharap Sugio untuk maju lagi sebagai calon Kepala Desa Bangunsari berikutnya.

Kemudian disambung oleh istri Kades Sugio Elisa Bintari Rusdiana yang juga selaku Ketua Tim Penggerak PKK Desa. Meski berpisah tidak untuk pergi jauh selamanya, Elisa ( Bu Kades ) tak sanggub menahan derai air mata saat memberikan sambutannya. Dia tetap memberikan semangat kepada ibu – ibu PKK, dan dikatakan bahwa dirinya masih bagian dari warga Bangunsari dan siap membantu demi kemajuan PKK meski sudah tidak lagi jadi Ketua. Sedikit mengundang tawa ketika Elisa mengatakan bahwa setelah ini akan berbulan madu sama Lades Sugio suaminya. Karena menurutnya, sejak menjadi istri Kades Sugio pulang ke Bangunsari langsung diajak kerja berfikir tentang kegiatan di desanya. Jadi tidak sempat berbulan madu, tapi dalam kesehariannya ya biasa – biasa saja, kelakarnya disambut tawa hadirin.

Mewakili masyarakat dan seluruh perangkat Desa Bangunsari, Sekdes Suwarso menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kades Sugio dan istrinya. Atas bimbingan, binaan, jasa tenaga dan pemikirannya selam 6 tahun masa jabatannya telah mampu membawa Desa Bangunsari mengalami prubahan drastis. Baik dalam hal pembangunan fisik maupun non fisik, sudah benar – benar bisa dinikmati oleh warga Desa Bangunsari. Sekdes Suwarso yang jelas selama belum ada PJ Kades dari Kecamatan, setelah berpamitnya Kades Sugio adalah selaku Pelaksana Harian ( PLH ) Pemerintahan Desa Bangunsari.

Bak gayung beraambut, Sekdes Suwarso atas nama warga dan seluruh unsur Pemerintahan Desa. Menyampaikan permohonan maaf kepada Kades Sugio. Yang menarik dan seakan menjadi sebuah harapan warga Bangunsari Sugio jadi Kepala Desa lagi akan datang. Adalah ungkapan Sekdes Suwarso dengan pribahasanya ” Kalau ada sumur di ladang, bolehkah kita menumpang mandi. Kalau masih ada umur panjang, pastilah kita akan ketemu lagi, “ lontar Sekdes Suwarso disambut tepuk tabgan meriah hadirin.

Akhiri acara pembacaan doa oleh dipandu oleh seorang ustad, dan berlanjut sebagai simbol pelepasan hadirin satu per satu berjabat tangan. Saat itulah derai air mata tak terbendung lagi basahi pipi terutama para ibu – ibu seakan berat dengan kepergian Sugio dan istrinya dari Kantor Desa Bangunsari. (rdy35/eta).

12Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed