oleh

SUMARMI RASYID (NASDEM) & SLAMET RIYADI (PPP) PIMPIN SEMENTARA 50 ANGGOTA DPRD KABUPATEN PROBOLINGGO 2019

POLITIK

Probolinggo, beritaoposisi.co.id – 50 anggota DPRD kabupaten probolinggo telah di lantik hari jumat (30/8/2019) di gedung DPRD kabupaten probolinggo.

Jumlah kursi sebelumnya 45 dan periode ini bertambah menjadi 50 kursi anggota dewan kabupaten probolinggo.

Menariknya, untuk pertama kali pimpinan sementara di daulat pada Sumarmi Rasyid, caleg nasdem dapil 3 (kecamatan paiton, kotaanyar dan pakuniran) dengan peraihan suara terbanyak sekitar 11 ribu (1 kursi = 12 ribu suara).

Masa kepemimpinan sementara bergantung pada kecepatan dalam pembentukan fraksi dan alat kelengkapan DPRD kabupaten probolinggo. Jika dalam satu minggu sudah terselesaikan maka kepemimpinan tersebut akan berakhir dan berganti ke yang definitif.

Duet dari NasDem bersama PPP menjadi pimpinan sementara DPRD Kabupaten Probolinggo. Adalah Slamet Riyadi (PPP) caleg dapil 5 (kecamatan leces, tegalsiwalan & banyuanyar).

Namun pada periode kali ini, PPP tidak ada wakil ketua dewan seperti halnya periode sebelumnya. Pembagian tersebut merupkan reward yang seharusnya menjadi milik PKB sebagai pemenang kedua di Pileg 2019.

Kemudian 2 orang anggota dewan dari NasDem dan PPP ditunjuk sebagai pimpinan sementara.

NasDem sendiri unggul dengan 205.689 suara sebagai pemenang Pileg dan kemudian di pastikan mendapat jatah pimpinan dewan.

PPP bersama 2 parpol lainnya sama-sama memperoleh 7 kursi, namun PPP kalah suara total. Dengan rincian PKB 93.966 suara, Golkar 88.948, Gerindra 88.294 suara dan terendah PPP 62.717 suara.

Di jadikannya PPP sebagai pimpinan sementara, merupakan hadiah. Setelah ada musyawarah antara pimpinan 4 partai.

“Ini sebagai reward kepada PPP, yang mana pada periode kali ini tidak mendapat jatah kursi wakil ketua,” jelas salah satu anggota dewan golkar, Wahid Nurrahman. (agg)

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed