oleh

Syarat Ansuransi Petani, Sangat Rumit Dan Berat Syaratnya

Beritaoposisi.co.id, Magetan – Kabar baik Pemkab Magetan bakal memberikan ganti rugi kepada petani melalui Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), masih menjadi dilema bagi para petani padi.

Pasalnya, upaya pemerintah melindungi petani padi melaui Jasindo sebagai pihak ketiga pengelola AUTP memberikan syarat berat kepada petani korban dampak banjir yang terjadi di Kecamatan Kartoharjo, Kab. Magetan. Apabila kerusakan akibat dampak banjir yang dialami petani padi di bawah kategori 75 persen, maka para petani yang ikut membayar premi kepada Jasindo, bakal gigit jari.

Suratman Wakil Ketua DPRD Magetan

“Harga padi saat ini bermacam-macam mas, bekisar 4000-3700, tergantung kualitas padinya. Justru kalau padinya hitam akibat terendam banjir kemarin, tengkulak tidak mau membelinya, dan terpaksa harus dimakan sendiri. Kalau terkait asuransi saya pasrah aja mas”, kata Anis warga Rt.05/Rw.02, Desa Jajar, Kec. Kartoharjo.

Sedangkan Hadi Triyono selaku Staff Bagian Asuransi dari Dinas TPHPKP Kab. Magetan mengatakan, Petani bakal mendapatkan asuransi bagi yang sudah membayar premi. Dan untuk prosentase kerusakan yang dapat di klaim, harus mencapai kerusakan 75 persen baru bisa dicairkan”, terangnya.

Ditempat terpisah, Wakil Ketua DPRD Kab. Magetan Suratman mengatakan, secepatnya akan melakukan Rapat Kerja (Raker) terkait masalah tersebut. Menurutnya, karena syarat dari Jasindo harus mencapai kerusakan sebesar 75 persen, maka Pemerintah harus memperhatikan para petani padi yang tidak tercover oleh asuransi.

“Kalau syarat tersebut mutlak 75 persen sebagai aturan standart dari asuransi, maka bagi yang tidak mendapatkan asuransi, untuk dapatnya diberikan bantuan dari Pemerintah saja. Kami akan segera komunikasikan masalah ini dengan Bupati, karena bencana banjir merupakan perhatian kita bersama”, jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, para petani padi terdampak banjir di Kecamatan Kartoharjo, bakal di lindungi kerugiannya oleh Pemerintah melalui Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Namun ironisnya, klaim asuransi yang ditawarkan pihak Jasindo, harus memenuhi syarat mutlak, yaitu pencapaian kerusakan akibat bencana tersebut sebesar 75 persen angka kerusakan. (ren/pra)

 

 

#Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP)

#suratman

#ansuransi petani

#syarat ansuransi rumit

3Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed