oleh

TELANGA SARANGAN “DESTINASI WISATA YANG TAK PERNAH LEKANG OLEH PERGESERAN DEKADE”

Sagi, saksi perjalannan sejarah Telaga Sarangan

 MAGETAN BERITAOPOSISI .CO.ID – mendengar kata Telaga Sarangan tentu bukanlah sesuatu yang   asing bagi masyarakat  Jawa Timur. Bahkan destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Magetan tersebut sudah menjadi ikon beberapa dekade terakir. Tidak hanya keindahan panorama telaga saja yang dapat di nikmati, namun juga dukungan potensi alam yang berkontur gunung dengan penataan pertanian terasiring maupun kuliner khasnya selalu menjadi daya tarik tersendiri.

Bagi Sagi, salah satu   saksi perjalannan sejarah Telaga Sarangan yang sampai saat ini masih terus merasakan berkah dari keberadaan destinasi unggulan Kabupaten Magetan tersebut mengatakan bahwa  era saat ini sudah berbeda tapi budaya – budaya yang diwariskan masih tetap terjaga.” Lebih dari 30 tahun saya menggantungkan hidup dari wisatawan yang datang ke sini dengan melayani persewaan speedboad. Dan selama itu pula, Telaga Sarangan sekarang tetap seperti telaga sarangan yang dulu.”

“ Memang kalo dilihat darisisi pembangunan tentu sangat berbeda. Dulu masih sedikit penginapan  namun  sekarang penuh dengan hotel. Dulu speedboad masih dalam hitungan jari, tapi sekarang sudah banyak sekali.  Tapi itu justru menjadi salah satu sarana yang menambah minat wisata untuk berkunjung ke sini.” Lanjut pria yang juga menyewakan kuda itu.

Lebih jauh dikatakan Sagi bahwa tidak ada yang hilang dari tradisi dan budaya yang sudah menjadi ciri khas Telaga Sarangan. “Kalo 30 tahun yang lalu ada penyewaan Speedboad, Penyewaan Kuda, Pasar Sayur dan buah maupun   Pasar Souvenir, Sampai saat inipun juga masih ada dan tetap terjaga. Dan bahkan tradisi Larung Sesaji  juga masih tetap membudaya dan bahkan menjadi momen yang selalu ditunggu – tunggu wisatawan.” ( RYS )

2Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed