oleh

Tim Gabungan Copoti APK Yang Langgar Aturan

Blitar Oposisi,_Tim gabungan yang terdiri Bawaslu Kota Blitar, Satpol PP, Dishub, dan polisi, menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) di sejumlah titik di Kota Blitar, Kamis (22/11/2018). APK yang dilepas petugas gabungan adalah APK yang pemasanannya melanggar aturan, termasuk APK yang dipasang pada kaca angkutan umum.

Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Banwaslu Kota Blitar, Abdul Azis mengatakan, petugas mendapati stiker calon legislative yang ditempal pada kaca beberapa angkutan umum yang mangkal di Pasar Legi Kota Blitar.

“Petugas mencopoti stiker APK yang ditempel di kaca angkutan umum,” kata Abdul Azis di sela-sela razia, Kamis (22/11/2018).

Selain di pasar Legi, petugas juga mencopot APK di kawasan Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar, yang dipasang dengan cara dipaku di pohon. Kemudian di kawasan Herlingga, petugas juga mendapati APK yang dipaku di pohon.

“Kami menertibkan APK yang dipasang melanggar aturan. Penertiban ini dilakukan di 21 titik di seluruh kecamatan di Kota Blitar,” jelasnya.

Lebih lanjut Abdul Azis menjelaskan, katagori APK yang dipasang melanggar aturan diataranya, APK dipaku di pohon, dipasang di tiang listrik atau rambu-rambu lalu lintas, dan dipasang di kawasan larangan pemasangan APK. Seperti Jalan Sudanco Supriyadi masuk kawasan larangan pemasangan APK. Termasuk angkutan umum yang kacanya dipasang stiker APK, juga tidak diperbolehkan.

“Kami mengajak Dishub dalam kegiatan ini, karena yang berhak menindak angkutan umum. Sedangkan APK yang dipasang di pinggir jalan merupakan wewenang Satpol PP,” tandas Abdul Azis.

Abdul Azis  mengaku, ada beberapa APK yang dipasang di papan reklame dan masuk kawasan larangan. Hanya saja, posisi papan reklame itu berada di luar fasilitas umum.

“Kami masih mengkaji terkait pemasangan APK di papan reklame. Kami juga masih koordinasi dengan kantor perizinan terkait itu. Apakah itu masuk pelanggaran apa tidak, soalnya papan reklamenya berada di luar fasilitas umum,” pungkasnya. (Fajar AT)

10Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed