oleh

Tim Gabungan Perhutani Cepu dan Polres Tuban Amankan Puluhan Jati Curian

Blora beritaoposisi.co.id, _ Tim gabungan keamanan hutan Perhutani KPH Cepu dan reserse mobil Polres Tuban Jawa Timur berhasil mengamankan puluhan batang kayu jati ilegal pada Selasa (11/6) sore.

Operasi gabungan di Desa Jamprong Kecamatan Kenduruhan Kabupaten Tuban tersebut, digelar setelah petugas mendapat laporan dari masyarakat ada kayu ilegal di Desa Jamprong.

Barang bukti yang di amankan

Menurut Waka Administratur Perhutani KPH Cepu Mugni, dari 2 tempat kejadian perkara yang digerebek di TKP 1 petugas berhasil mengamankan 51 batang kayu jati ilegal. Barang bukti yang diamankan berupa kayu jati persegi dan rumah yang digunakan sebagai tempat penyimpanan. Operasi tersebut dilakukan pada hari Selasa (11/6) sejak pukul 13.00 sampai dengan pukul 21.00 Wib.

“Saat digerebek 2 pemiliknya kabur melarikan diri dan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Namun petugas berhasil mengamankan barang bukti kayu jati sebanyak 4 truk. Diperkirakan jumlah kayu jati yang diamankan sejumlah 10,1 meter kubik dengan harga perkubik 25 juta rupiah. Kayu tersebut dari BKPH Nanas,” ujar Mugni, Rabu (12/6).

Petugas yang terlibat dalam operasi gabungan tersebut berjumlah 132 personil. Terdiri dari 45 personil Resmob dan Dalmas Polres Tuban, 50 personil polisi hutan dan polter Perhutani KPH Cepu dan 37 personil tenaga muat bongkar.

Selain mengaman barang bukti kayu jati, rumah yang digunakan untuk menyimpan kayu jati ilegal juga dipasang garis polisi.

“Rencananya rumahnya juga akan dibongkar,” tegas Mugni. Sampai akhir kegiatan operasi, semua personil lengkap dan dalam kondisi selamat. Akibat pencurian tersebut, Perhutani KPH Cepu mengalami kerugian ratusan juta rupiah.(SAL)

 

 

#illegal loging,

#kph cepu,

#waka administratur,

#dalmas polres tubab

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed