oleh

Tindak Lanjuti Program Tabuhan Soren, Camat Lutfi Gelar Rapat Koordinasi Bersama UMKM

Banyuwangi Oposisi.co.id

Sebagai konsekwensi dari apa yang disampaikan oleh Camat Singojuruh pada Musrenbangcam Selasa 26/02/2019 di Pendopo kemarin. Yang mana Camat singgung program Tabuhan Soren di RTH Singojuruh selain dimaksutkan pemberdayaan juga nguri – uri budaya Banyuwangi.

Sepertinya Camat Mohammad Lutfi, S.Sos.,M.Si tidak setengah hati sangat serius gagas program tersebut untuk mewujudkan Destinasi Wisata di wilayah Kecamatan Singojuruh. Yang ke depan bisa jadi perhatian untuk menerima paketan – paketan wisata. Dalam rangka itu hari ini Rabu 27/02/2019 Camat yang tak kenal lelah itu, adakan rapat undanghadirkan kelompok – kelompok Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) yang ada.

Kegiatan yang digagasnya dan dinamai “Tabuhan Soren” itu direncanakan pelaksanaannya pada Sabtu sore 02/03/2019 itu ada Bazar Kuliner. Hal tersebut dimaksutkan juga mewadahi kegiatan kaum hawa ( ibu – ibu ) yang punya keahlian dalam bidang olahan jajanan dan makanan. Agar mereka dengan kegiatan – kegiatan yang bisa mengundang perhatian publik, bisa mengenalkan, menjual jajanan dan makanan untuk meningkatkan pendapatannya.

” Saya tidak punya kepentingan apa dari kegiatan – kegiatan ini, kepentingan saya adalah cari trobosan – trobosan bagaimana memberdayakan masyarakat dan UMKM yang ada. Agar bisa memmbantu menambah pendapatan keluarga, menuju kehidupan masyarakat yang sejahtera, “ secuplik ucapannya dalam rapat tersebut.

Camat juga menyarankan kepada UMKM untuk dapatnya sajikan kuliner pada Bazar nanti, yaitu tidak mengesampingkan standar layak jual. Disebunya apakah itu dalam hal kebersihannya, kenimatannya, kemasannya untuk menimmbulkan daya tarik pengunjung. Bahkan kata Camat sarana – sarana pemberdayaan yang lain juga sedang dipersiapkan yaitu ” Pasar Wit – Witan ” yang tempatnya di Desa Alasmalang.

Pantauan media memang ada di salah satu Dusun di Desa Alasmalang sebuah tempat yang mana dipenuhi tanaman pohon – pohon rindang dan sejuk. Jika tempat tersebut ditata ulang dan dikemas dengan baik, dipastikan punya daya tarik luar biasa karena keasriannya.

Adapun pada kegiatan ” Tabuhan Soren ” Sabtu sore akan datang Bazar yang terdiri dari UMKM akan menyajikan menu – menu diantaranya :1.Pisang Aroma dan Jasuke oleh (UMKM gumirih), 2.Salad Buah oleh ( UMKM, Cawang- Benlankidul), 3.Nasi Bakar oleh (UMKM Singojuruh), 4.Gado-Gado oleh (UMKM Alasmalang), 5. Lupis, Kelepon, Lanon, Sawut, Getuk oleh (UMKM singojuruh)
6.Krupuk Kluntung oleh (UMKM Singojuruh)
7.Martabak oleh ( UMKM Alasmalnag)
8.Nasi Wader oleh (UMKM Benelankidul), 9.Geseng oleh (UMKM Singolatren), dan 10.Nasi Tempong oleh (UMKM singojuruh). Tentu masing – masing juga sudah tersedia soft drink ( minuman ).

Untuk memastikan kegiatan Bazar ” Tabuhan Soren ” Camat saat itu langsung melakukan pembidangan dan pembagian tugas. Karena direncakan juga pada waktu yang sama sekalian akan diadakan Lounching keberadaan Kelompom Sadar Wisata ( Pokdarwis ) yang sudah terbentuk. (rdy35/eta).

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed