oleh

Tinggal Tunggu Waktu Rumah Warga Desa Gambor Ambrol Ke Sungai

Banyuwangi Oposisi.co.id

Puluhan Kepala Keluarga ( KK ) warga Desa Gambor Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Yang berada di bantaran sungai rumahnya terancam ambrol. Hal tersebut lantaran tebing sungai ( Kali Kumbo ) di belakang rumahnya setinggi kurang lebih 15 meter tergerus aliran air dan menggua.

Ciut hati warga dan dirundung ketakutan ketika hujan turun dikhawatirkan terjadi peningkatan debetĀ  air dan banjir. Dipastikan deras air sungai hantam dan kikis dinding tebing Kali Kumbo mengakibatkan ambrol. Bila benar itu terjadi maka puluhan rumah warga tersebut ikut ambrol bersama tebing ke dasar sungai. Hal yang dikhawatirkan warga Desa Gambor sudah pernah terjadi beberapa bulan sebelumnya menyebabkan 3 unit rumah raib terjun bebas ke Kali Kumbo.

Sebagaimana disampaukan kepada awak media Minggu 6/1/2019 oleh Kepala Desa Gambor Syaiful bahwa terkait permasalahan tersebut pernah dikoordinasikan ke Dinas Pengairan Banyuwangi. Namun kata Kepala Desa sampai saat ini belum ada tindak lanjut. Waktu itu kata Kades Syaiful dijanjikan akan dilakukan normalisasi oleh Dinas Pengairan. Bahkan sudah pernah tinjau lokasi, sayangnya belum ada kejelasan dan kepastian kapan dilakukan normalisasi, kata Kades.

Beberapa warga Dusun Sidorejo dan Dusun Krajan Desa Gambor yang rumahnya kebetulan sangat terancam. Ketika dikonfirmasi mengaku tidak bisa berkata – kata apa lagi kecuali berharap – harap cemas akan kondisinya. (rdy35).

0Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed