oleh

Tradisi Pesta Rakyat Geredoan Macan Putih Spektakuler Didukung Partai Demokrat

-Sosial-39 views

BANYUWANGI Oposisi.co.id

Tradisi Pesta Rakyat Geredoan oleh warga Desa Macan Putih Kecamatan Kabat Banyuwangi. Yang rutin digelar setiap satu tahun sekali bertepatan dengan bulan Robiul Awal di mana bulan kelahiran Nabi Muhammad Saw. Kini Sabtu 8/12/2018 malam Minggu digelar didukung sponsor tunggal Partai Demokrat.

Berbicara tentang Partai Demokrat Banyuwangi tentu tidak terlepas dari peran Ketua DPC Demokrat Michael Edy Hariyanto, SH. Yang kita ketahui dia juga selaku Caleg DPRD di Dapil 2 No. Urut : 1. Sepertinya warga Desa Macan Putih terutama Panitia Penyelenggara terlepas dari kepentingan apapun menerima dengan baik dukungan Partai Demokrat sebagai sponsor tunggal memeriahkan Gebyar Tradisi Pesta Rakyat Geredoan.

Di malan panjang itu warga Macan Putih benar – benar merasakan kegembiraan yang luar biasa. Kehadiran pengunjung dari luar daerah pun tak terelakkan menyaksikan acara Tradisi Gredoan. Sebagai bentuk penghormatan, Panitia Penyelenggara meminta Michael Edy Hariyanto, SH  Ketua DPC Demokrat. Membuka dan memberangkatkan Kirab Jodang yang pesertanya ribuan orang itu.

Sebelum Kirab diberangkatkan Ustad Syamsul Mu’arif didampingi Kepala Desa Macan Putih Aseri memberikan sambutan.

” Masyarakat Macan Putih semua malam ini berkumpul bersenang – senang dalam rangka memeriahkan peringatan hari kelahiran Nabi. Semoga masyarakat Macan Putih karena telah memeriahkan hari kelahiran Nabi, mendapatkan safaatnya diakhirat nanti, “ ucapnya.

Sementara Michael diberikan kesempatan oleh Ustad Syamsul Mu’arif untuk memeberikan sambutan. Dalam sambutan singkatnya Michael menyampaikan.

” Saya bangga dengan warga Macan Putih bisa menyelenggarakan tradisi adat seperti ini, saya malam ini melihat langsung masyarakat Macan Putih rukun bersatu, ini luar biasa. Semoga ke depan tradisi adat budaya ini bermanfaat bagi masyarakat Macan Putih, “ ungkapnya dengan singkat, sedikitpun tidak menyinggung hal berkaitan dengan politik.

Kirab Jodang pun berangkat merayab sangking padatnya peserta dan pengunjung. Barisan terdepan pasukan antraksi obor oleh pemuda Macan Putih. Penanda keberangkatan Kirab letusan kembang api bertautan di udara. Suara instromen musik tradisional khas Banyuwangi menyiksa telinga untuk membedakan salah satunya karena serempak dimainkan. Sementara pantauan media tumpah ruah masyarakat baik dari dalam maupun luar Macan Putih sekitar 60 ribu orang.

Menurut salah satu Panitia, usai Kirab Jodang yang menghibur namun cukup melelahkan itu. Malam itu juga masyarakat akan menikmati hiburan rakyat berupa kesenian daerah.(rdy35/eta).

12Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed