oleh

Warga Banje Dan Alasmalang Kembali Dihantui Kekhawatiran

-Daerah-92 views

Banyuwangi Oposisi.co.id

Belum sembuh trauma warga Desa Alasmalang Kecamatan Singojuruh akan peristiwa banjir bandang beberapa waktu lalu. Kini Minggu 25/11/2018 dikejutkan lagi dengan kejadian hampir serupa, yaitu DAS Badeng mengalami lonjakan debet air yang luar biasa. Hal tersebut diduga karena intensitas hujan yang tinggi sedari pagi hingga petang.

Kepanikan warga  saat air bercampur lumpur memasuki rumahnya

Akibatnya sungai besar yang berada di Desa Alasmalang tepatnya di Jembatan Garit harus menerima kehadiran banjir. Pantauan media derasnya arus sungai dan debet air yang tinggi terpaksa muntah meluber ke perkampungan. Menurut sumber info warga setempat terjadinya kenaikan debat air secara signifikan pada sekira pukul 16:23 Wib. Untuk sementara akibat kejadian tersebut masih belum diperoleh kejelasan informasi tentang dampak apa saja yang ditimbulkan.

Kabarnya informasi kejadian di Desa Alasmalang tersebut sudah sampai ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ). Yang selanjutnya tim BPBD setiba di lokasi sekira pukul 17.00 Wib itu menghimbau warga untuk tidak berada di dekat Jembatan Garit. Untuk sementara kemungkinan kecil air akan meluber ke sisi selatan jembatan. Karena sudah ada bangunan benteng/plengsengan oleh Dinas Pengairan di sepanjang bibir sungai sisi selatan. Akhirnya luapan air terjadi di sisi utara jembatan karena mulut jembatan tidak mampu menampung debet air dan deras sekali itu.

Kondisi jalan (jembatan Gurit Alasmalang) sudah dipenuhi air sungai dan lumpur

Berikut antisipasi dampak yang lebih parah tim BPBD juga lakukan evakuasi warga terdampak. Selain itu dilakukan pengalihan jalur lintas agar pengguna jalan tidak melalui jalan raya Desa Alasmalang ditutup total. Namun walau demikian tak sedikit warga yang memaksa hampiri dan berjajar di sekitar jembatan. Sehingga tak heran bila petugas terkait harus ekstra waspada dan sedikit tegas memberikan himbauan di lokasi rawan bahaya tersebut. (rdy35).

8Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed