oleh

WUJUD RASA SYUKUR, DESA JOGOROGO GELAR BERSIH DESA

NGAWI BERITAOPOSISI.CO.ID – Tradisi merupakan wujud dari kebiasaan yang diyakini punya makna tertentu dalam sebuah perhelatan. Dengan dilakukan secara berulang – ulang pada daerah, masyarakat serta waktu yang sama dalam kurun tertentu, mengindikasikan bahwa   tradisi berindikasi pada sebuah peninggalan dari leluhur yang patut untuk dijaga, dilestarikan dan dikembangkan sesuai era dengan tidak mengurangi nilai yang terkandung di dalamnya.

Salah satu  daerah yang masih menjaga sebuah tradisi adalah  Jogorogo.  Desa yang letaknya di Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi Jawa Timur itu selalu melakukan kegiatan tradisi yang dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan baik segi kwantitas maupun kwalitas. Salah satunya adalah Tradisi Bersih desa yang secara umum dimaknai dengan tradisi syukuran atas limpahan nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan penguasa alam.

Sedangkan untuk pelaksanaan Tradisi Bersih Desa kali ini, Pemerintah Desa Jogorogo   menggelar  acara tersebut selama dua hari berturut – turut pada tangal 4&5 Oktober 2018. Acara yang dihadiri wakil Bupati Ngawi Ony Anwar tersebut berlangsung begitu meriah. Itu terlihat dari ribuan yang hadir memenuhi jalan – jalan sepanjang area yang di lewati oleh arak –arakan sejumlah ratusan tumpeng.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar mengatakan bahwa pentingnya menjaga tradisi dan keragaaman budaya. “ Tradisi Bersih Desa merupakan budaya yang positif yang perlu untuk di jaga dan dilestarikan. Dengan digelarnya budaya ini, tentu menjadi wujud rasa syukur kepada Allah Swt yang telah melimpahkan segala nikmat yang kita rasakan setiap saat. Dan tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri memiliki wilayah seperti desa Jogoroga yang selalu eksis dalam menjaga keragaman budaya.”

Sementara dalam sambutannya kades Nur Ekawati mengatakan bahwa kegiatan tahunan Bersih Desa merupakan tradisi yang sudah diwariskan dari leluhur untuk mensyukuri nikmat yang dihasilkan dari alam “Desa Jogorogo merupakan desa yang mempunyai potensi alam yang besar. Hamparan lahan pertanian maupun perkebunan begitu mudah mendapatkan akses air .Kita juga  melihat tanaman yang ada tumbuh begitu  suburnya, baik sayur-mayur maupun buah-buahan.

“Dengan diadakan kegiatan Bersih Desa yang diwujudkan dengan acara arak – arakan tumpeng menjadi sebuah simbul ucapan terima kasih atas anugrah Tuhan YME dengan segala kemurahan rezeki Nya. Mudah – mudahan dari kegiatan yang kita lakukan saat ini akan menjadi sebuan momentum untuk terus bersyukur pada sang pencipta.” Lanjutnya.  (RYS/RETPL.ADV DS JOGOROGO )

1Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed